Menahan Buang Air Kecil Dapat menyebabkan Sakit Ginjal

Sakit ginjal merupakan suatu penyakit yang mana pada saat itu ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun didalam tubuh hingga hal tersebut dapat menyebabkan terjadi pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak nafas, dan kurang tidur. lantas apakah Menahan Buang Air Kecil Dapat menyebabkan Sakit Ginjal atau tidak? berikut penjelasannya.

Menahan Buang Air Kecil Dapat menyebabkan Sakit Ginjal

Menahan Buang Air Kecil Dapat menyebabkan Sakit Ginjal

Menahan Buang Air Kecil Dapat menyebabkan Sakit Ginjal

Kebiasaan menahan buang air kecil tentu dapat menyebabkan tertahannya urin di dalam kandung kemih. Lama kelamaan hal ini bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Infeksi ini bisa saja berasal dari saluran kemih bagian bawah yang kemudian menjalar naik menyerang ginjal. Berkumpulnya kuman pada lubang uretra (fimosis) juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih pada bayi. Tidak semua infeksi saluran kemih akan menyebabkan sakit ginjal, tetapi bisa meningkatkan faktor risikonya.

Jadi memang menahan buang air kecil tersebut memang tidak sepenuhnya dapat menyebabkan sakit ginjal, tetapi hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit ginjal pada tubuh kita. jadi muali dari sekarang kita harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut, apalagi masih banyak efek dari menahan buang air kecil tersebut yang sangat merugikan, berikut saya kasih informasinya.

Bahaya Menahan Air Kencing Terlalu Lama

  • Mengganggu proses pencernaan.

Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung anda akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri anda. ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak ditntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang cukup maksimal dan tertunda karena anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

  • Mengganggu organ-organ pencernaan

Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

  • Infeksi pada ginjal

Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Infeksi pada ginjal dapat berpengaruh pada :

  1. Siklus Pembuangan Urin
  2. Pendarahan Ketika Melakukan Buang Air Kecil
  3. Terjadinya Gagal Ginjal

Infeksi pada ginjal masih dapat disembuhkan dengan cara menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil dan rajin minum air mineral.

Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal. Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka :

  1. Ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran – kotoran sisa pencernaan
  2. Siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk

Gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah, dan tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya..

Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan Kristal – Kristal garam, yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak. Batu ginjal akan membuat terjadinya :

  1. Infeksi pada ginjal
  2. Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil
  3. Sulit melakukan buang air kecil
  4. Rasa nyeri pada bagian ulu hati

Untuk mengatasi batu ginjal yang sudah terjadi, maka harus dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat dan menghancurkan batu ginjal yang muncul.

  • Infeksi kandung kemih

Urin merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan menumpuknya urin, akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada bagian kandung kemih. Infeksi pada kandung kemih dapat dirasakan ketika :

  1. Buang air kecil dengan disertai pendarahan
  2. Buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit
  3. Muncul rasa nyeri saat buang air kecil
  4. Muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah
  • Infeksi saluran kencing

Sama seperti infeksi pada kandung kemih, infeksi pada saluran kencing juga dapat terjadi karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Infeksi pada saluran kencing juga memiliki gejala – gejala yang sama dengan infeksi kandung kemih

Ketika anda sudah merasakan gejala – gejala seperti di atas, maka anda wajib memeriksakan hal tersebut ke dokter. Biasanya penyakit yang berhubungan dengan terganggunya proses pencernaan memliki gejala – gejala yang mirip, sehingga dokter pun akan mengetahui gangguan apa yang terjadi pada organ pencernaan anda

  • Anyang-anyangan

Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Itulah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan menahan buang air kencing dalam waktu yang lama, termasuk juga Menahan Buang Air Kecil Dapat menyebabkan Sakit Ginjal. Semoga dapat bermanfaat terimakasih.

baca juga : Obat Untuk Menghilangkan Sakit Ginjal Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *