Bahaya Terlalu Banyak Minum Bagi Penderita Sakit Ginjal

Sudah lama kita ketahui infromasi kesehatan mengenai banyak minum air itu sangat penting untuk menjaga kesehatan. Namun sudahkah Anda tahu batas aman minum air tesebut? Dan ternyata asupan cairan yang berlebihan kedalam tubuh ternyata bisa membawa dampak negative bagi tubuh kita, apa lagi bagi penderita sakit ginjal. Maka kita harus ketahui mengenai Bahaya Terlalu Banyak Minum Bagi Penderita Sakit Ginjal.

Bahaya Terlalu Banyak Minum Bagi Penderita Sakit Ginjal

Seorang guru besar dalam bidang ilmu penyakit di fakultas kedokteran unversitas Indonesia, parlindungan siregar, mengatakan bahwa didalam aktivitas biasa atau ketika tubuh tidak berolahraga, Anda dianjurkan untuk minum sebanyak 2 liter dalam satu hari.

Beliau juga menerangkan bahwa tujuan minum sebanyak 2 liter perhari adalah supaya mecegah kekurangan sekaligus kelebihan cairan tubuh. Sedangkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dianjurkan untuk mengurangi minum nya. Anda bisa mengurangi minum tersebut dengan sedikitnya 1 liter dan paling banyak 1,5 liter perhari nya. Ini dikarenakan fungsi ginjal orang yang sudah lanjut usia atau yang berusia 65 tahun ke atas telah jauh menurun.

Oleh karena itu, anjuran untuk banyak minum tetap ada batasannya apalagi pada lansia dan penderita gagal ginjal. Kurang minum tetap tidak bagus, tetapi kelebihan minum air putih juga tidak lebih sehat khususnya saat kondisi ginjal tidak berfungsi normal.

Bahaya Terlalu Banyak Minum Bagi Penderita Sakit GinjalBahaya Terlalu Banyak Minum Bagi Penderita Sakit Ginjal

Bahaya Terlalu Banyak Minum – Dasar pemahaman orang yang awam seringkali kurang tepat, seperti bahwa kurang minum itu dianggap sebagai penyebab utama gangguan pada ginjal. Namun, kenyataannya pasien yang menderita sakit ginjal justru tidak dianjurkan untuk minum terlalu banyak.

Dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, yaitu seorang pakar ginjal dan hipertensi membenarkan bahwa pasien yang menderita sakit ginjal tidak boleh meminum air terlalu banyak. Asupan cairan justru harus dibatasi jika tidak ingin terjadi komplikasi yang tidak diharapkan.

Tetapi hal diatas tidak sepenuhnya salah karena, memang untuk menjaga kesehatan ginjal sebaiknya minum air putih tiap hari minimal 8 gelas (2 liter) untuk menjaga kesehatan. Begitu juga untuk mengatasi batu ginjal, si penderita biasanya disarankan untuk minum banyak air, jadi dengan begitu batu ginjal akan terguyur sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Tetapi bila kerusakan ginjal sudah cukup parah atau kronis, asupan cairan dalam tubuh memang sebaiknya dikurangi. Karena bila sudah terlanjur rusak, ginjal tak lagi dapat membuang sampah rubuh yang berbentuk cairan. Jadi jika terlalu banyak air yang masuk tubuh akan semakin terbebani karena ketidakmampuan mengeluarkan sampah didalam tubuh tersebut.

Baca juga :

Penumpukan cairan yang terjadi di dalam tubuh bisa membahayakan komposisi kimiawi di tiap-tiap organ. Kadar garam dan elektrolit calam cairan tubuh berubah, dan salah satu dampaknya adalah cepat lelah serta mudah jatuh karena tubuh kekurangan garam dan natrium.

Dampak yang lebih fatal bisa terjadi bila penumpukan cairan tubuh itu terjadi di otak. Ketika cairan tubuh di sekitar sel otak menjadi encer sementara di dalam sel tetap, maka akan terjadi penyerapan cairan. Sel otak bisa membengkak dan akibatnya fatal yakni memicu kematian. Dari menit ke menit, air seni diproduksi terus di ginjal, lalu dialirkan melalui saluran kemih ke kandung kemih. Bila cukup banyak urin di kandung kemih, akan timbul rangsangan buang air kecil. Air seni akan dikeluarkan dari tubuh melalui saluran yang disebut uretra (berada dalam alat kelamin).

Tips Mencegah Penyakit Ginjal

Namun, orang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu risau. Kehidupan normal tetap dapat dijalani. Mereka bahkan dianjurkan tetap berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan secara wajar. Selain menjaga asupan air agar tidak berlebihan, pasien penderita penurunan fungsi ginjal juga disarankan untuk melakukan beberapa pencegahan dan perawatan seperti berikut ini :

  1. Konsumsi makanan bernutrisi dan baik untuk ginjal.
  2. Ketahui mengenai apa saja Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Gagal Ginjal.
  3. Tidak sembarangan mengkonsumsi obat, apalagi obat-obatan tanpa keterangan resep dari dokter ataupun obat-obatan kimia lainnya.
  4. Jangan merokok, apalagi bagi anda yang merupakan perokok yang sudah ketergantungan sebaiknya tekadkan diri untuk berhenti karena merokok dapat memperburuk kesehatan ginjal dan kesehatan organ tubuh lainnya.
  5. Menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal.
  6. Selalu mengontrol tekanan darah, sehingga mengharuskan pasien untuk selalu mengeceknya ke dokter ahli.
  7. Menjaga berat badan agar selalu stabil, karena pasie penurunan fungsi ginjal berbahaya jika memiliki tubuh lebih gemuk ataupun lebih kurus.
  8. Dianjurkan hanya mengkonsumsi obat sakit ginjal yang alami tanpa bahan kimia.

baca juga : Obat Untuk Menghilangkan Sakit Ginjal Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *